Pilih akhlak atau adab ?


Hay sobat blogger ..
Semoga kesehatan yang membahagiakan selalu menyertai kalian.

Kali ini saya penasaran banget antara akhlak dan adab. Terkadang banyak kita yang mengartikan kalo adab sama akhlak itu sama tapi ternyata beda loh sob.

Menurut kamu lebih baik akhlak atau adab ?

Nah, sebelum kamu pilih akhlak atau adab, atau bahkan keduanya, yuuk simak penjelasan apasih akhlak dan adab.

Akhlak memiliki makna yang sama dengan adab. Akhlak secara bahasa maknanya adalah perangai atau tabiat, yaitu gambaran batin yang dijadikan tabiat bagi manusia.

Menurut Imam Ghazali bahwa “akhlak ialah suatu keadaan yang tertanam di dalam jiwa yang menampilkan perbuatan-perbuatan dengan senang tanpa memerlukan pemikiran dan penelitian. Apabila perbuatan yang terkeluar itu baik dan terpuji menurut syara dan aqal, perbuatan itu dinamakan akhlak yang mulia. Sebaliknya apabila terkeluar perbuatan yang buruk, ia dinamakan akhlak yang buruk”.  

Jadi sob, jika kamu mempunyai niat baik dan terwujud dari perbuatan yang kamu lakukan maka itu yang disebut dengan akhlak. Apabila dalam islam, mengenal akhlak mahmudah yang berarti perbuatan yang menunjukkan akhlak yang baik dan akhlak madzmumah yang berarti menunjukkan perbuatan akhlak tercela.

Oke selanjutnya kita bahas adab. Apa sih itu adab ?

Adab adalah etika dan moral yang telah dianjurkan. Adab itu yang mengatur kalian untuk berbuat baik, misalkan nih kamu mau makan, kamu awali dengan doa lalu makan. Contoh lagi misalkan kalian bergaul dengan teman, maka bergaulah dengan baik dan keluarkanlah suara yang tidak menyakiti hati teman kamu. Sob, adab itu hanya mengenal yang baik-baik aja sebagai bukti kalian bisa liat dalam kehidupan nyata, misal ada orang yang berkata kasar dan biasanya ada yang bilang “itu orang kok ga beradab”, pernah gak sih sob denger kata itu ?
Nah adab melekat dengan sendirinya dan hanya mengenal yang baik-baik aja ya sob.
Sadar atau tidak kita sudah menerapkan adab atau pun akhlak padahal keduanya terdapat perbedaan.

Dari sedikit penjelasan diatas yuuk kita terapkan akhlak yang baik dan menjadi insan yang beradab.

Semoga bermanfaat..
Sumber :

Komentar