Gimana sih Komunikasi Interpersonal antara Teman yang Akrab dan Teman yang Kurang Akrab

 Happy good people sobat bloger..

Kali ini gue mau ceritain gimana sih komunikasi antara kamu dengan teman akrab kamu, lalu apa sih perbedaannya komunikasi dengan teman yang biasa aja atau yang tidak terlalu akrab sama kamu.
Pasti kamu juga udah tau jawabannya, tapi kalau untuk menerjemah secara sistematis bingung juga kan hehe..

Kali ini gue mau coba menerjemahkan dengan bahasa yang sederhana.
Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari komunikasi bahkan  di era globalisasi saat ini komunikasi masuk kedalam tingkat yang lebih sering dilakukan, karena komunikasi dijadikan suatu kebutuhan agar manusia dapat berinteraksi sosial. Bayangkan jika kita tidak berkomunikasi pasti kita akan merasa sendiri bahkan kita tidak dapat hidup tanpa komunikasi. Setiap saat kita melakukan komunikasi baik ditujukan untuk interpersonal atau kelompok. 



Namun pada dasarnya kita lebih suka komunikasi interpersonal karena komunikasinya lebih terbuka, selain itu kamu juga akan merasa enjoy.
Namun apa sih yang dimaksud dengan Komunikasi Interpersonal.
Komunikasi Interpersonal  adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau
antar individu di dalam 
kelompok kecil (Febrina, 2008).
Nah kamu udah tau kan penjelasan Komunikasi Interpersonal.
Sekarang yuk cari tau perbedaan Komunikasi Interpersonal dengan teman akrab atau teman yang biasa aja (alias kurang akrab).
Komunikasi interpersonal yang kalian lakukan pasti akan merasakan hal ini :

a)            Keterbukaan (openness)
Komunikasi yang kamu lakukan dengan teman akrab kamu pasti akan lebih terbuka, artinya kamu mau menanggap dengan senang hati informasi yang diterima dan kamu juga dengan rasa enjoy-nya mau merespon informasi yang diberikan. Coba bandingkan komunikasi dengan teman yang kurang akrab pasti kurang atau tidak terbuka. Komunikasinya biasa aja tidak dan memberikan informasi sekedarnya.
Ada tiga aspek yang menentukan kualitas keterbukaan :
1. komunikator interpersonal yang efektif terbuka kepada komunikannya.
Komunikasi yang kamu jalin dengan teman akrab pasti ada kesediaan membuka diri dari keduanya untuk mengungkapkan informasi yang biasanya ditutupi.
2. Kesediaan komunikator untuk bereaksi secara jujur terhadap stimulus yang datang.
3. Menyangkut kepemilikan perasaan dan pikiran dimana komunikator mengakui bahwa perasaan dan pikiran yang diungkapkannya adalah miliknya dan ia bertanggung jawab atasnya.

b)            Empati (empathy)
Komunikasi yang kamu lakukan dengan teman akrab akan merasa saling berempati, artinya kamu mampu mengetahui apa yang sedang dialami teman akrab, misal teman akrab kamu lagi merasa sedih lalu kamu juga akan merasakan hal yang sama atau bahasa keniannya peka.
Tapi jika komunikasi dengan teman yang kurang akrab pasti kurang merasa berempati atau kamu merasa cuek aja dengan masalah yang dihadapi teman kamu.

c)            Dukungan (supportiveness)
Komunikasi yang terbuka dan saling berempati memiliki potensi untuk saling mendukung satu sama lain dan komunikasi yang terjalin pun berlagsung efektif. Coba deh kalau komunikasi dengan teman yang kurang akrab, komunikasi yang kurang merasa terbuka dan kurang berempati pasti rasa saling mendukung satu sama lain pun tidak se-berpotensi dengan teman akrab.

3 hal diatas adalah yang sering kalian rasakan dalam berkomunikasi baik dengan teman akrab maupun teman yang kurang akrab. Meski masih banyak hal lainnya, ketiga hal diatas sudah menggambarkan secara umum.

So, itulah yang dapat gue bagikan buat kamu.
Semoga ada sedikit atau banyak faedah yang bisa kamu ambil yaa..


Komentar