Perbanas Institute Pertama Kali Gelar USKAD dari IAI


Tahun 2017 menjadi tahun pertama bagi Perbanas Institute menyelenggarakan Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar (USKAD) dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Terselenggaranya USKAD ini merupakan perwujudan dari Perbanas sebagai kampus yang terafiliasi dengan IAI sejak akhir tahun 2014. Salah satu bentuk realisasi kerjasama kampus yang terafiliasi dengan IAI ialah adanya training untuk dosen, mendapatkan update informasi SAK sebanyak 3 kali dalam setahun dan memberikan fasilitas untuk mahasiswa melaksanakan USKAD.

Penyelenggaraan USKAD oleh IAI bertujuan untuk mengukur keahlian seseorang dalam hal :
1.  memahami dan menjelaskan kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK)
2.     menyusun dan menyajikan laporan keuangan, dan
3.     melakukan analisis dasar laporan keuangan.

Selain sebagai tolak ukur dalam memahami akuntansi keuangan, bagi mahasiswa yang mengikuti USKAD akan memperoleh keuntungan, diantaranya :
1.    kompetensi akuntansi keuangan tidak hanya diakui oleh kampus, namun diakui pula oleh perusahaan dan pengakuan secara profesi
2.   mahasiswa yang lulus USKAD dari IAI secara otomatis dibebaskan dari mengikuti ujian komprehensif yaitu kompetensi yang diadakan oleh kampus sebagai syarat kelulusan, karena mahasiswa sudah teruji kompetensinya mengikuti USKAD.
3.    sebagai syarat mengikuti USKAD harus menjadi anggota muda IAI, maka keuntungan yang diperoleh sebagai anggota muda IAI ialah mendapatkan update informasi SAK, mengetahui dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh IAI, serta mendapatkan diskon dalam pembelian buku IAI.

Materi USKAD meliputi materi pada mata kuliah : Pengantar Akuntansi I, Pengantar Akuntansi II, Akuntansi Keuangan Menengah I, Akuntansi Keuangan Menengah II, Akuntansi Keuangan Lanjutan I dan Akuntansi Keuangan Lanjutan II.
USKAD diperuntukaan untuk mahasiswa semester 7 atau yang telah lulus menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II. Pelaksanaan USKAD dilaksanakan di kampus Perbanas Institute. Tidak ada batasan maksimal bagi mahasiswa mengikuti USKAD sampai hasil menyatakan lulus. Dosen yang menjadi trainer USKAD dipilih berdasarkan kompetensi yang dimiliki dan mengikuti training yang diselenggaarakan oleh IAI.

Biaya yang dikenakan mengikuti USKAD sebesar Rp 400.000, dengan rincian Rp 125.000 untuk mendaftar sebagai anggota muda IAI dan Rp 275.000 untuk biaya ujian USKAD, pelaksanaan try out sebelum 1 kali sebelum pelakasanaan USKAD dari IAI dan pelaksanaan tutorial USKAD di kampus Perbanas.



Komentar