Inilah Sepucuk Surat Aksi Kecil Kami untuk Negeri Pertiwi

University’s Day Team

Agent of Change begitulah sapaan untuk mahasiswa. Yaap.. kami mendapat panggilan baru setelah hanya beberapa langkah keluar dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA),  panggilan itu tidak lantas membuat kami bangga melainkan membuat kami terus melangkah. Mencoba melangkah walaupun daya kami masih tertatih dan masih membutuhkan tuntunan agar dapat berdiri dan berjalan dengan tegak. Selain langkah yang masih dalam tahap penyesuaian dengan dunia perkuliahan, kami juga mengemban Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari :
1.      Dharma Pendidikan dan Pengajaran
2.      Dharma Penelitian
3.      Dharma Pengabdian Masyarakat
Yakni sebuah amanah dalam Tiga bakti yang harus kami abdikan untuk negara.
Kami pun mencoba untuk melakukan aksi nyata sebagai perwujudan pengemban amanah Tri Dharma perguruan tinggi. Poin ketiga-lah yang menjadi pilihan kami sebagai bukti agent of change, yakni Dharma Pengabdian kepada Masyarakat.
...
Berawal dari obrolan sederhana sebagai peran mahasiswa untuk Indonesia dan sebagai bentuk upaya kepedulian terhadap dunia pendidikan serta tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat, dari obrolan itu melahirkan sebuah gagasan untuk memberikan kontribusi nyata kepada alamater kami yaitu MAN CIREBON 1. Dengan berbagai dukungan dan arahan dari semua pihak, sehingga gagasan itu kami realisasikan dengan mengadakan acara University’s Day. Acara ini kami jadikan sebagai wadah penyalur informasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk adik-adik yang masih mengenyam Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya bagi siswa-siswi kelas XII yang akan memasuki dunia perkuliahan.
Dalam waktu yang singkat kami melakukan persiapan, mulai dari pembentukan tim kerja, pembentukan konsep acara, dan mengumpulkan informasi yang lengkap dari berbagai perguruan tinggi yang terdapat alumni dari sekolah kami sampai pada hari eksekusi University’s Day. Akhirnya usaha pun tidak sia-sia, kami berhasil mendata lebih dari 40 peruguruan tinggi negeri maupun swasta yang tersebar diseluruh Indonesia hadir dalam acara University’s Day. Acara ini terdiri beberapa rangkaian, diantaranya :
1.   Memberikan motivasi kepada siswa MAN Cirebon 1 dengan mengadakan talkshow dengan beberapa alumni yang telah sukses dibidang pendidikan.
2.    Mensosisalisasikan berbagai profil perguruan tinggi negeri ataupun swasta secara mendetail dari tahap jalur masuk, sistem perkuliahan sampai dengan kegiatan sebagai mahasiswa.
3.     Memberikan informasi beasiswa yang bisa diakses untuk siswa yang memiliki prestasi ataupun dari latar belakang keluarga kurang mampu.


Motivator dalam acara University’s Day.

Akhirnya serangkaian acara yang kami rencanakan pun terlaksana dengan baik dan lancar. Salah satu output dari kegiatan tersebut ialah kami akan tetap terus berupaya untuk mengagendakan acara yang sama agar dapat diadakan setiap tahun dengan berbagai inovasi dan kreatifitas yang kami miliki. Kami juga berupaya untuk mempersiapkan acara University’s Day pada tahun-tahun berikutnya dengan rangkaian acara dan sistem kerja yang lebih baik.
...
Acara ini memberikan pelajaran pada kami bahwa dengan kerja keras dan team work yang baik, akan membuahkan hasil yang luar biasa. Pengorbanan waktu dan tenaga sudah pasti kami lakukan untuk memberikan perubahan terhadap bumi pertiwi sesuai julukan yang telah disematkan kepada kami yaitu Agent of Change.
Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas itulah yang menjadi motto kami agar totalitas dalam bekerja.
Acara ini pula memberikan pengertian mengenai pentingnya mengabdi pada negeri nusantara. 
Jika bukan pemuda yang melakukan perubahan positif, siapa lagi ?
...
Inilah isi sepucuk surat aksi kecil kami di tahun 2017 untuk membela Indonesia pada tahun 2018 dan tahun-tahun berikutnya.
Sekecil apapun yang kita abdikan hari ini untuk Indonesia akan besar manfaatnya pada hari esok.
Mari bersama-sama lakukan aksi nyata sebagai agent of change.

Komentar