Kerusakan terumbu karang akibat dari perubahan iklim lho..

Hay sobat bloger gue mau cerita nih seberapa besar pengaruh dari perubahan iklim khususnya bagi terumbu karang.

Sebelumnya gue mau jelasin apa sih perubahan iklim itu ?

Perubahan iklim adalah perubahan secara signifikan pada iklim, suhu udara, dan curah hujan selama periode waktu mulai dari dasa warsa hingga jutaan tahun. Adanya perubahan iklim ini mempunyai dampak yang sangat berpengaruh terhadap organisme daratan, udara sampai organisme lautan.

Salah satu organisme lautan yang menjadi korban dari perubahan iklim yaitu terumbu karang.
Terumbu karang adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup laut yang banyak mengandung protein, apalagi kalau bukan ikan yang kita makan sehari-hari. 
Coba bayangin deh sob kalau ikan yang kita makan kehilangan sumber makanannya pasti secara otomatis kita juga akan kehilangan sumber protein untuk kehidupan kita.

Kematian terumbu karang ini pertama kali terjadi pada tahun 1980, hal ini dikarenakan adanya kenaikan suhu di lautan atau yang disebut el-nina, Bukti dari hadirnya el-nina yaitu terumbu karang tidak dapat lagi berkembang biak dan berubah menjadi warna putih. Di Florida kini telah mencapai 80%-90% terumbu karang yang mati.

O iya sob, hadirnya el-nina ini disebabkan karena banyaknya gas karbon dioksida di udara sehingga lapisan ozon akan menipis. Menipisnya lapisan ozon akan menipis pula panasnya sinar matahari yang diserap, sehingga pemanasan akan turun kembali ke bumi dan terjadi pemanasan laut.

Pemanasan laut ini walau terjadi kenaikan suhu sebesar satu derajat akan mengalami perubahan pada organisme laut, apalagi kalau 2 atau tiga derajat, sedangkan kenaikan suhu laut yang saat ini terjadi mencapai 2 derajat.

Coba deh banyangin gimana terganggunya kehidupan organisme terumbu karang ?

Hingga tahun 2016 telah mencapai 29% terumbu karang yang mati, apajadinya jika 1 tahun lagi, 2 tahun lagi atau 5 tahun lagi disaat kita ingin menikmati keindahan alam bawah laut malah terumbu karang hanya menjadi sebuah rangka belaka.

Agar tidak menambah persentase kerusakan terumbu karang, mari kita sama-sama menjaga organisme laut terutama terumbu karang yang menjadi sumber kehidupan organisme laut lainnya sehingga kehidupan tetap seimbang dan saling bermutualisme.

Eitss.. sobat bloger yang udah baca ini, kasih tau yuk temennya agar kita saling menjaga organisme terumbu karang ini.

Selamat berbagi sob..


Komentar